Masyarakat asal Lanny Jaya diwajibkan Rapid Test Covid-19 terlebih dahulu

0
149
Foto: Befa Yigibalom

MAJALAHWEKO, WAMENA– Dilanny Jaya sudah ada tujuh orang reaktif covid-19. sehingga masyarakat asal Lanny Jaya yang mau pulang ke kampung diwajibkan untuk Rapid Test Covid-19 terlebih dahulu.

Rapid Test Covid-19, dipusatkan di Wamena, depan halaman Gereja Baptis Duta Injil. Ucap Befa Yigibalom, Bupati Lanni Jaya. Senin, 20/07/2020.

“Saya yakin, fisik kalian disini kuat, tapi kasian orang tua atau tete kalian dikampung, sudah tua dan akan mempengaruhi itu”.

“Saya tidak mau Lanny Jaya menjadi sumber penyebaran penyakit Covid-19”. Ucap Befa.

Cukup tujuh orang ini kenah, saya akan malu jika naik lagi, delapan, sembilan, sepuluh bahkan lebih, nantinya Jayawijaya akan lockdown.

Orang Lanny Jaya tidak akan turun ke Wamena, dan dari Wamena tidak akan naik ke Lanny Jaya. Aparat keamanan akan diperketat. Kata Befa.

Lanjut Befa. Kalian yang datang disini, menjadi sumber informasi buat keluarga dirumah. kasih tau keluarga.

Dari mana Covid-19 masuk di Lanny Jaya?

Setelah pesawat Jayapura-Wamena lockdown,  ternyata masih ada jalan lain, adalah jalan darat dari Jayapura – yalimo – wamena. Lebih dari 500-1000 orang masuk lewat jalan darat. siapa orangnya, kami tidak tahu.

Sehingga, mulai hari Senin, saya dengan bupati Jayawijaya sudah palang atau periksa disitu.

Di Lanny Jaya, sejak akhir Mei lalu hingga 13 Juli telah dilakukan rapid test pada 10.733 orang. Hasilnya, ditemukan 65 kasus reaktif. Dari 20 orang yang melanjutkan ke tahap test swab, 7 orang dinyatakan positif.

Fakta ini jelas mengkhawatirkan, tak hanya di Lanny Jaya, tetapi wilayah Lapago secara menyeluruh. Belum lagi, di bandara Wamena, banyak didapati kasus reaktif di antara penumpang yang masuk. Beberapa bahkan dinyatakan positif.

Sebagai ketua asosiasi bupati, Befa Yigibalom menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat, terutama di setiap ruang publik di wilayah Lapago.

Demi mendeteksi dan memutus rantai penularan virus ini, Befa mewajibkan semua kepala daerah agar menggencarkan rapid test bagi warganya, tak hanya di pintu-pintu masuk tapi menyeluruh di setiap kabupaten se-Pegunungan Tengah.

_____________

Nuken/MW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here