Kepala Kampung atau Desa Seharusnya Seseorang Sarjana Pemerintahan

0
336
Foto kepala kampung saat mendengar arahan dari kepala daerah (Dok/MW)

JAYAPURA, MAJALAHWEKO- Oleh: Dr. Socratez S Yoman, MA

Presiden. Ir Joko Widodo dana 1 milyar di setiap kampung di seluruh Indonesia itu sangat bagus. Pak Joko Widodo mengerti dan mengetahui bahwa rakyat Indonesia ada di kampung-kampung. Karena itu, pembangunan nasional harus dibangun dan diperkuat dari kampung-kampung.

Sayangnya, untuk memimpin dan membangun rakyat di kampung dengan dana besar ini dibebankan kepada orang-orang kampung yang tidak punya pendidikan dan pengetahuan tentang pemerintahan dan manajemen. Ini khusus para kepala kampung di West Papua dari Sorong-Merauke. Ini sebenarnya merusak rakyat di kampung bukan membangun.

Dana besar yang diberikan presiden Ir. Joko Widodo sebaiknya harus berdampak perubahan dan kemajuan positif di tengah rakyat di kampung-kampung. Supaya pembangunan bangsa dimulai dari kampung-kampung, maka saya mengusulkan kepada pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota harus mengubah paradigma kebajikan pembangunan nasional. Standart barometer keberhasilan pembangunan nasional harus diukur dari kemajuan rakyat kecil di kampung bukan di kota-kota.

Kemajuan rakyat kecil di kampung harus dinilai dari kehidupan ekonomi mereka yang baik, kesehatan dan pendidikan yang baik dengan dana yang tersedia yang dikendalikan oleh seorang sarjana pemerintahan. Kemajuan-kemajuan ini harus dilakukan oleh seorang pamong yang berpendidikan Sarjana Pemerintahan yang mengerti birokrasi manajemen kepemerintahan.

Para sarjana harus ada di kampung-kampung untuk menjadi ujung tombak pembangunan seperti lilin-lilin yang bersinar. Selama ini pemerintah sangat keliru kareba para sarjana ditempatkan dan ditumpuk dikantor-kantor dari jam 7.30-16.00 hanya sibuk dan berkelahi dengan benda-benda mati, yaitu kertas-kertas. Para sarjana pemerintahan seharusnya ditempatkan di kampung-kampung dengan rakyat di kampung.

Doa dan harapan saya, pak presiden, bapak-bapak gubernur, para bupati dan walikota di seluruh Indonesia, coba uji dengan ide kecil dari saya ini.

Terima kasih.

Semoga berguna. Tuhan memberkati.

Ita Wakhu Purom, Sabtu, 14 Maret 2020
Penulis: Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis West Papua (PGBWP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here