Ini Himbauan Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua terkait virus Corona vatal ini

0
521
Foto: Ketua asosiasi bupati se pegunungan tengah Papua, Befa Jigibalom, SE. MSI saat menyampaikan imbauan kepada wartawan Majalahwekonews.com. Tiom (Dok-Nuken/MW)

TIOM, MAJALAHWEKO- Ketua asosiasi bupati pegunungan tengah Papua, Befa Jigibalom, SE. Msi.“Kewaspadaanebaran Terhadap Corona Virus Disease 2019 (Covid 19)”

HIMBAUAN

Bahwa sehubungan dengan mereknya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang telah dinyatakan oleh Word Health Organization (WHO) sebagai masalah kesehatan dunia dan dengan memperhatikan perkembangan saat ini terkait telah menyebarnya wabah Corona Virus Disease (Covid-19) di beberapa kota di Indonesia, maka dihimbaukan kepada masyarakat seluruh Tanah Papua terutama masyarakat pegununggan tenggah Papua untuk menjadi perhatian:

Kesatu; setiap orang yang masuk ke daerah Papua, terutama pegununggan tenggah Papua, yang datang dari daerah terdampak wabah Corona Virus Disease (Covid-19) agar melakukan karatine mandiri dirumah masing-masing dan diawasi oleh keluarga selama 14 hari dan tidak melakukan kontak langsung dengan keluarga, lingkungan dan lembaga tempat bekerja.

Kedua; setiap orang yang datang ke daerah pegununggan tenggah Papua, baik urusan dinas, bisnis ataupun liburan wajib melakukan karantine diri dan tidak melakukan kontak dengan orang lain dan warga masyarakat setempat.

Ketiga; sehubungan poin 1 setiap orang yang mengalami gangguan kesehatan dengan berjalan seperti demam, batk, pilek, nyeri tenggorokan dan sesat atau kesulitan bernafas agar segera melaporkan ke petugas kesehatan dan dihimbau kepada keluarga agar tidak melakukan kontak langsung atau segerah menghubungi dinas kesehatan dan rumah sakit untuk dilakukan penjemputan oleh petugas guna menanganan secara intensif.

Keempat; untuk menghindari penularan yang terjadi karena interaksi orang keorang, maka asosiasi bupati pegununggan tenggah papua menghimbaukan seluruh warga masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut: Menghindari kontak fisik (Berjabat tangan, merangkut) dengan orang lain. Menjauhi tempat umum, tempat perkumpulannya orang banyak, tidak berpergian diluar daerah, setiap orang diminta untuk mencuci tangan menggunakan sabun dengan cara disiram dengan air mengalir atau hend sanitizer setiap saat.

Kelima; setiap warga kabupaten pegununggan tenggah papua yang tidak mempunyai pekerjaan tetap yang ada di jayapura, wamena dan sekitarnya segerah kembali ke kabupaten masing-masing.

Keenam; Himbauan ini diharapkan agar disosialisasikan kepada seluruh masyarakat Pegununggan Tengah Papua oleh lembaga pemerintah, Swasta, Gereja, LSM, TNI dan Polri.

Tiom, 16 Maret 2020
Ketua Asosiasi Bupati Pegununggan Tengah Papua

Befa Yigibalom, SE.M.Si
Ketua

__________
Reporter: (Nuken/MW)

Editor: Pianus/MW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here