Pekan Olahraga Nasional (PON) ini sebenarnya tidak ada manfaat sama sekali bagi orang asli Papua

0
422

Ilustrasi: logo PONXX DI PAPUA

JAYAPURA, MAJALAHWEKO- 

Oleh: Ibrahim Peyon

Pekan Olahraga Nasional (PON) ini sebenarnya tidak ada manfaat sama sekali bagi orang asli Papua. Mereka yang dapat manfaat adalah kelompok migran, dan para pejabat orang asli Papua dan pemerintah Indonesia.
Tidak ada manfaat bagi orang asli Papua karena:

(1). Sebelum PON dilakukan pemerintah Provinsi Papua sudah potong anggaran pembangunan provinsi, kabupaten dan kota. Maka banyak program pembangunan tidak jalan. Misalnya, program pendidikan dan kesehatan di beberapa kabupaten telah dihentikan karena uangnya dialihkan untuk PON.

(2). Tahap persiapan sampai pelaksanaan kegiatan ini begitu banyak anggaran dihampurkan dan sangat berpontensi terlibat dalam korupsi dan nepotisme.

(3). Semua hotel dan kendaraan yang akan digunakan selama pelaksanaan kegiatan ini adalah milik para migran.

(4). Tidak ada pusat pertokoan, restoran, pasar atau tokoh-tokoh sovenir milik orang asli Papua.

(5). Kegiatan ini hanya membangun wacana dan popularitas gubernur Lukas Enembe dan pemerintahanya yang tanpa makna dan sarat kepentingan politik.

(6). Kegiatan ini hanya sebagai sarana hiburan yang kosong untuk menghilangkan berbagai masalah di Papua seperti Operasi Militer di Nduga, Puncak, dan Intan Jaya, dll. Diskriminasi dan rasisme terhadap orang Papua, pembunuhan dan pelanggaran hak asasi manusia, penangkapan sewenang-wenang, dll.

TUJUAN AKHIR

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk membangun image dan wacana politik di Indonesia dan dunia internasional bahwa di Papua tidak ada masalah. Karena kegiatan PON dapat dilaksanakan secara damai dan orang Papua sudah menjadi tuan rumah agenda nasional, maka hal itu akan menjadi barometer keamanan Papua dan menjadi dasar bagi Jakarta untuk kampanye internasional tentang masalah Papua.

PONXX_HOAX Papua Sedang Duka

Reporter: Akia

Editor: Pianus/MW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here