Lingkungan Saya Sangat Menentukan Harapan Masa Depan Saya

0
406

Ilustrasi Penulis

 

Oleh: Emanuel Muyapa

MAJALAHWEKO, OPINI – Kehidupan manusia tidak mungkin hidup di luar lingkungan, sebab lingkungan merupakan dimana suatu tempat yang di tempati dan di duduki oleh manusia untuk hidup, sehingga lingkungan juga bisa di artikan sebagai salah-satu faktor utama dalam kehidupan manusia. Setiap manusia hidup di lingkungannya masing-masing sesuai pemberian (Sang Pencipta) dalam kehidupan yang di jalani oleh manusia pada suatu lingkungan, tentunya ada beberapa efek lingkungan yang tidak akan di abaikan atau harus terpengaruh terhadap masa depannya, contoh pengaruh lingkungan seperti beberapa isi kata dibawa ini.

1. Pengaruh sosial
Hal yang berkaitan dengan intraksi social, antara sosial yang satu dengan yang lain. Ialah dalam suatu komunitas atau keluarga tentu ada komunikasi bahkan relasi masing-masing yang harus di bangun secara rasional untuk menjaga kebutuhan dan keunggulan suatu lingkungan, sebab hal ini sangat menentukan masa depan seorang anak. Seandainya kalau ada hal-hal negatif yang terdapat pada lingkungan tersebut, maka seorang anak cepat atau muda terpengaruh dengan hal-hal tersebut.

Namun itu, menurut pengalaman yang sering di alami oleh penulis seperti ini: “kalau di paniai penulis harus komunikasi secara bahasa mee dengan orangtua atau kalau di papua penulis harus berbicara atau berdialog dengan sesama secara Logat papua”, namun dengan adanya pengaruh tersebut saya agak susah dalam mengadaptasi dengan lingkungan di luar sana (di luar papua) sehingga, penulis butuh beberapa waktu untuk bisa menyesuaikan dengan lingkungan disana. Secara otomatis mau tidak mau saya harus berusaha karena ada untungnya faktor lingkungan selalu mendukung akhirnya saya menyesuaikan dalam hal komunikasi dengan sosial yang bedah lingkungan. Oleh sebab itu, kalau kamu tidak bisa menyesuaikan dengan lingkungan lain, Jangan salahkan sesama dan jangan juga salahkan lingkungan, namun cobalah berusaha “there is something that providing for you.

2. Pengaruh budaya
Hal yang berkaitan dengan kebiasan lingkungan ini sangat mempengaruhi kehidupan masa depan sang anak. Dalam kehidupan ada banyak hal yang sering terpengaruh terhadap sang anak sehingga, masa depannya tidak pernah berubah maskipun dia berubah tidak 100% dia dapat berubah, sebab kebiasan lingkungan selalu berlipat ganda dan hal ini secara rutinitas terpengaruh terhadap kehidupan sang anak pada lingkungannya. Apa bilah kebiasan negatif yang terletak pada lingkungan tersebut seorang anak akan gampang terpengaruh dengan hal tersebut seperti menurut pengalaman saya ketika hidup di nabire (kota jeruk). Saya pernah terpengaruh dengan “Isap roko” padahal penulis tinggal di lingkungan tersebut hanya beberapa bulan saja, hal ini di karenakan pengaruh lingkungan setempat.

Hal yang sama lebih lanjut, untungnya ketika itu pula mama saya temukan saya di suatu titik dengan keadaan merokok, mama saya langsung bertindak untuk pindah ke lingkungan lain dan akhirnya penulis bisa berubah, namun hal tersebut tidak sulit untuk bisa mengulang lagi jadi lebih baik saya posisikan diri pada garis yang benar agar hal tersebut tidak terjadi lagi.”Thank you so much my mama”. Oleh karena itu, suatu lingkungan memiliki konsepsi yaitu salah satu faktor utama yang bisa menjebak generasi penerus dalam dunia yang tidak adil maka hal ini harus di jaga.

3. Pengaruh Ekonomi
Hal ini merupakan suatu pengaruh yang selalu kita hadapi dalam kehidupan kita, sebab hal ini ada erat kaitannya dengan segala kebutuhan hidup kita, baik itu dari sisih finansial maupun dari sisih lainnya. Kita bisa sebut bahwa pengaruh ekonomi juga mimiliki peran penting dalam Kahidupan kita.

Lebih lanjut, penulis ingin ujarkan salah satu contoh, saya mengingak kembali pada Mata pelajaran ekonomi kelas 7 SMP tentang kebutuhan Primer, sekunder dan tersier yang sebagaimana di klarifikasikan tentang kebutuhan manusia, tentunya anda sudah tahu apa itu kebutuhan primer, sekunder dan tersier? Saya sering kurang dalam kebutuhan sekunder sehingga hal ini mempengaruh proses belajar di sekolah saya, namun saya kurang focus belajar karena sebelumnya saya belum sarapan. Hal ini sangat mempengaruhi perkembangan hidup saya di lingkungan tersebut. Meskipun hal ini mempengaruhi perkembangan jasmani saya, dan saya percaya kepada Tuhan karena Dialah jawaban yang tepat.

4. Pengaruh Edukasi
Dalam hal ini saya ingin membahas tentang bagaimana pengaruh terhadap relasi lingkungan hidup sama sekolah. Jika kita mengartikan keduanya memilki makna yang similar, sebab lingkungan hidup merupakan di mana titik yang menyimbolkan tempat untuk mengembangkan segala perkembangan hidup dari manusia, hal yang sama pun berlaku pada sekolah, sekolah merupaka di mana suatu tempat yang di gunakan untuk menimbah dan meghirup berbagai pengetahuan, sehingga pengaruh edukasi juga sangat menentukan masa depan sang anak. Jika seorang anak menyetarakan lingkungan hidupnya dengan sekolah (I am sure that his/her  future is waiting with the best) dalam arti “sekolah adalah tempat yang nyaman dan aman jika lingkungan hidupnya pun demikian” it’s the best.

5. Pengaruh Religius
Semenjak kehidupan moyang telah hadir dengan agama dalam memenuhi kehidupannya, sejak dulu moyang kita sulit untuk beribadah secara modern, sehingga mereka beribadah secara rasnya. Perkembangan dunia semakin berkembang ada titik-titik tertentu yang di bangun oleh para misionaris, sebagai tempat beribadah sehingga mereka dapat beribadah di tempat yang di tujuhkan oleh para misionaris, dan mereka mulai mengenal sejarahnya gereja bahkan Tuhan Yesus dan Nabi-nabi, sebab sebelumnya mereka hanya mengenal Sang Pencipta (Allah).

Kini saya dan kamu adalah generasi masa modern semua sudah available, Gereja dan lingkungan kita sudah berdekatan Gereja sedang bersedia untuk mengajarkan kita dengan kebenaran-Nya, tetapi terkadang saya dan kamu tidak ingat ibadah, karena efek lingkungan yang tidak kondusif. Oleh sebab itu, pilih dan tempatilah lingkungan yang bisa mendukung anda dan saya untuk bisa beribadah dan bersabdah kepada-Nya

Lingkungan selalu jadi salah satu peran penting dalam perkembangan hidup seseorang. Kalau saya hidup di lingkungan yang memiliki kebiasan dengan hal-hal yang baik seperti: membaca buku, makan teratur, tidur teratur, dan disiplin. Saya yakin masa depan saya sedang manunggu dengan penuh cemerlang. Maka itu, sodara masa depan juga demikian. Saya sangat bersyukur jika saya hidup di lingkungan yang terpadu dengan kebiasan-kebiasan baik, sebab lingkungan saya sangat menentukan masa depan saya, jika sebaliknya saya sangat tidak pantas untuk mengejar Impian saya. Dengan demikian, tentukanlah lingkungan yang pantas dan layak dengan masa depanmu.

*Penulis adalah salah satu Siswa SMK Penerbangan Timika*

Penulis     :  Emanuel Muyapa
Editor       :  Boas/MW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here