OPM & TPN-PB Wilayah Paniai Ucapkan Selamat Bagi Negara Bougainville

0
1306

Photo: Damianus M. Yogi Panglima (TPN-PB) Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-(Boas/MW).

MAJALAHWEKO, PANIAI – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB) Mepago Damianus M. Yogi mengatakan Selamat bagi Negara baru Bougainville di wilayah Melanesia. Pada lantarannya hari ini Tanggal 11 Desember 2019 Komisi Referendum Bougainville mengumumkan hasil dalam deklarasi Referendum mengumumkan 79% suara dapat memilih opsi Merdeka.

Damianus M. Yogi menjelaskan bahwa, Negara baru Bougainville di wilayah Melanesia sudah final untuk dirinya Negara baru, sehingga ia katakan kami (TPN-PB) Paniai mengucapkan selamat kepada  Bougainville yang sudah Referendum hampir 79% terpilih untuk Merdeka dari Papua Nugini.

Menurut Yogi, Negara tetangga harus kami mengucapkan selamat karena mengikuti ‘tata krama’, yakni lebih baik kami mengucapkan selamat secara langsung dengan kata melalui Media online, karena saat ini internet sudah menjangkau seluruh dunia.

Ada yang bertanya kenapa harus ucapkan selamat atas terpilih 79% bagi Negara baru Bougainville. Karena telah ditetapkan pengumuman sebagai Negara baru di wilayah Melanesia. Saya katakan demikian karena ada informasi Bougainville sudah final untuk jadi Negara baru, jadi kami ucapkan ini ucapan langsung,” ujar Damianus M. Yogi kepada Wartawan Melalui Telepon Seluler di Markas (TPN-PB) Deyatei, Rabu, (11/12/2019) kemarin.

Yogi menegaskan jika dirinya tetap bersahabat dengan Negara-Negara tetangga meskipun jauh dari mereka, nanti ada saatnya untuk kerja sama dengan Negara-Negara tetangga. Namun meskipun Negara-Negara tetangga ini berbeda bangsa, tapi tetap satuh Ras bangsa Melanesia, sehingga pasti ada saatnya untuk menjalin kerja sama.

“Dikatakan Panglima Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB) Damianus M. Yogi, kami bersahabat, berkawan. Memang kenyataannya begitu. Selama ini kami bersama-sama berada dalam ruang tuntutan politik di PBB,” ujarnya.

Yogi tidak lupa mengucapkan selamat untuk Negara tetangga Bougainville yang sudah memimpin bangsa baru lepas dari penjajahnya. Ia pun sangat bahagi ketika mendengar hasil pemilihan atau hasil Referendum bagi bangsa Bougainville ini.

“Dibawah Pimpinan Damianus M. Yogi dengan tegas ucapkan selama bekerja pada bumi baru atau Negara baru bagi Negara Bougainville. Saya juga ucapkan selamat terpilihnya Opsi Merdeka 79% Referendum Bougainville,” ujarnya.

Pewarta    :  Boas Yoni M. Yogi
Editor        :  –

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here