Kapolri Tito Karnavian Menutupi Kelemahan dan Ketidakmampuan Menuduh KNPB dengan Opini Bohong

0
12406
Tito Karnavian

Oleh: Ones Suhuniap

Kapolri segera hentikan mengkriminalisasi KNPB terhadap kekerasan di Papua

MAJALAHWEKO, JAYAPURA – Pelaku kekerasan di Papua adalah aktornya negara dan aparat kepolisian dan TNI polri. Kapan KNPB mengeluarkan intruksi pembunuhan orang non papua dan membakar fasilitas umum? Semua aksi anti rasisme di papua adalah aksi spontanitas oleh rakyat papua sejak lama terpendam.

Semua aksi di papua ini adalah akibat dari ucapan rasisme di surabaya. Aparat kepolisian harus melihat sebabnya terlebih dahulu. Semua ini saya rasa kelalaian dan aparat kepolisian sendiri terkesan tidak ditangani secara dini terhadap oknum anggota TNI dan ormas yang mengungkapkan rasisme di surabaya.

Setelah kejadian di surabaya aparat kepolisian dan intelejen negara sedang bikin apa? Seharusnya intelejen sudah tau potensi kekerasan yang terjadi di papua setelah isu rasisme di surabaya.

Baca Juga: KNPB: Wacana Jokowi Untuk Bertemu Hanya `Buying Time`

Kemudian di wamena aparat kepolisian seharusnya aparat kepolisian secara dini sudah antisipasi potensi gerakan perlawanan di wamena. Dimana intelejen negara apa kinerja kepolisian seharusnya mereka kepolisian dan Intelejen yang harus memiliki tanggung jawab keamanan di papua.

Foto: Aktivis KNPB (Dok)

Kapolri salah menyampaikan informasi publik yang sesungguhnya Hoax. Semua ini terjadi akibat kelalaian dan kesalahan kepolisian sendiri.

Kapolri menuduh KNPB hanya untuk menutupi ketidak mampuan untuk menjaga keamanan di papua. Karena dalam penegakan hukum polisi tidak pernah mengungkap siapa pelaku pembunuhan terhadap orang di Deyai, 28 agustus, siapa yang membunuh 6 orang di Jayapura 29-30 agustus di jayapura. Siapa yang membunuh 3 orang di puncak ilaga,.?

Polisi tidak mampu mengungkap pelaku pembunuhan dan tidak mampu menjaga keamanan di papua menuduh dan memfitnah KNPB.

Baca Juga: KNPB Lapago tolak Tuduhan aparat Kepolisian Sebagai Dalang Rusuh Wamena

Sejak KNPB berdiri sejak 2008 sampai dengan 2019, KNPB tidak pernah membunuh orang di papua. KNPB tidak pernah mengeluarkan intruksi mengusir orang non papua dan membakar kios orang pendatang dan fasilitas umum.

Kapolri Tito Karnavian sudah pernah menjadi kapolda di papua dan sudah tau perjuangan KNPB secara damai dan bermartabat. Pernyataan kapolri menuduh dan memfitnah KNPB bahwa semua aktvis KNPB ditangkap papua aman itu hanya menutupi kesalahan dan kelemahannya. Yang membunuh orang, menyiksa dan melakukan kekerasan di papua aparat kepolisian sediri.

Dengan demikian pernyataan kapoliri Tito Karnavian hanya menutupi kekalahan dan ketidak mampunya mengkriminalisasi KNPB tanpa bukti dan fakta di lapangan.

Kapolri coba tanya kepada orang asli papua maupun kepada orang Non papua kapan dan dimana KNPB membunuh dan membakar fasilitas di papua.

 

Penulis: Ones Suhuniap, Jubir Nasional, Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Editor: Admin/MW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here