Gubernur Papua Lukas Enembe Menyesalkan kurangnya Perhatian Publik Terhadap Pengungsi Konflik Nduga

"Setelah TNI masuk ke Nduga, 180 masyarakat pengungsi yang meninggal seperti didiamkan. Ini tidak boleh, karena orang Papua harus dihargai sama seperti masyarakat Indonesia yang lain."

1
1181
Gubernur Papua, Lukas Enembe 

MAJALAHWEKO, WAMENA – Gubernur Papua Lukas Enembe menyesalkan kurangnya perhatian publik terhadap pengungsi konflik Nduga.

“Padahal sebagian besar masyarakat Nduga yang mengungsi sudah meninggal. Data yang saya (terima) ada sekitar 180 lebih meninggal dunia, dan itu bukan jumlah yang sedikit,” kata Lukas, seperti dilansir situs Pemprov Papua, Rabu (9/10/2019).

“Media massa juga tidak pernah membicarakan ini. Kamu (pers) sudah tahu, tapi dibiarkan,” katanya lagi.

Baca Juga: Gubernur Lukas Enembe Selamat dari Skenario Jahat, tugas pertama Kapolda Papua harus ungkap siapa yang Melakukan ini?

Pemerintah Pusat Kurang Perhatian

Selain mengkritik media massa, Gubernur Papua Lukas Enembe juga mengkritik kurangnya perhatian pemerintah pusat soal pengungsi konflik Nduga.

Warga Distrik Yigi Kabupaten Nduga saat menuju Nigiagin yang berbatasan dengan Kabupaten Lanny Jaya Papua 26 Desember 2018. (SP)

“Setelah TNI masuk ke Nduga, 180 masyarakat pengungsi yang meninggal seperti didiamkan, baik secara nasional maupun internasional. Ini tidak boleh, karena orang Papua harus dihargai sama seperti masyarakat Indonesia yang lain,” kata Lukas.

Gubernur Papua mengaku sudah berkoordinasi dengan sejumlah bupati di Papua untuk menangani para pengungsi Nduga. Namun, karena banyaknya jumlah pengungsi, ia berharap ada perhatian serius dan bantuan dari pemerintah pusat.

Menurut Gubernur Papua, sejak Desember 2018 sampai sekarang ada sekitar 5.000 warga Nduga yang mengungsi.

Baca Juga: Gubernur Papua Mengapresiasi Pemkab Lanny Jaya Berdayakan Pengungsi Nduga

“Sebab kasus pengungsian masyarakat Kabupaten Nduga juga adalah masalah kemanusiaan yang luar biasa. Sehingga kita harap ada perhatian semua pihak,” ujarnya. (KBR)

1 KOMENTAR

  1. Iya … sayapun minim melihat berita tentang meninggalnya saudara2 kita di Papua, apalagi konflik yg masih terjadi, semoga segera terselesaikan saudaraku … love you all

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here