Polda Papua harus Jelaskan Alasan Pemindahan Persidangan terhadap Agus Kossay Cs di Kalimatan Timur

0
11195

Oleh: Ones Suhuniap

Tahanan Politik West Papua

MAJALHWEKO, WAMENA – Polda papua harus menjelaskan alasan yang logis atas pemindahan persidangan terhadap Agus Kossay Cs di Kalimatan Timur. Sekarang bukan lagi jaman Orde bara sehingga mereka harus diisolasi dan membatasi akses kunjungan keluarga dan pengacara.

“Kami meminta kepolisian polda papua tidak memindahkan persidangan Ketua Umum Komite Nasional Papua Barat KNPB Agus Kossay, Ketua KNPB Wilayah Timika dan Buchtar Tabuni Ketua Parlemen Nasional West Papua PNWP tidak dipindahkan di Kaltim”.

“Pemindahan persidangan di kalimantan Timur itu bagian dari isolasi dan membatasi hak mereka dikunjungi keluarga dan kerabat serta rakyat Papua”.

Baca Juga: Koalisi Penegak Hukum dan HAM Papua: Pemindahan Tapol Papua ke Kaltim Melanggar Hukum

Pemindahan persidangan karena alasan keamanan itu tidak masuk logis.

Kami meminta polda papua membatalkan pemindahan persidangan terhadap pengurus KNPB di luar papua. Sebab kami sangat khawatir terhadap keamanan dan kesehatan mereka di kalimantan timur.

Mereka harus menjalani proses yang persidangan harus dilakukan disini agar akses bagi keluarga bisa kunjungi mereka. Kami sangat curiga terhadap pemindahan ini, sebab selama ini Buchtar Tabuni dan Steven Itlay pernah ditangkap dan menjalani proses hukum sehingga alasan keamanan itu tidak masuk akal.

Jika mereka disana akan menimbulkan persoalan baru, karena rakyat dan keluarga tidak bisa melihat mereka dalm tahanan. Proses pemindahan ini bagian dari praktek orde baru masih berlaku di indonesia walau sudah reformasi.

Baca Juga: Buchtar Tabuni Ditetapkan Jadi Tersangka

Apabila mereka dipindahkan ke kalimantan timur itu akan menimbulkan persoalan baru di papua. Karena rakyat tidak bisa memantau proses hukum yang akan dijalani. Walau negara melalui aparatnya meminimalisasi mereka degan dugaan kerusuhan di jayapura atas keterlibatan mereka tetapi bagi kami penagkapan dan penetapan mereka sebagai tersangka adalah bagian dari kambing hitam.

Orang papua menghormati mereka sebagai tokoh dan pemimpin mereka mak apabila proses hukum di pengadilan dan masa menjalani hukuman jauh dari pantauan rakyat papua bisa menimbulkan persoalan baru di papua.

Baca Juga: Polisi Tangkap Ketua Umum KNPB Agus Kossay

Bukan hanya itu namun koalisi pengacara yang mendampingi mereka juga akan sulit kujungi atau advokasi mereka karena semua pengacara ada di papua. Oleh karena itu kami meminta kepada polda papua dan kejaksaan serta pihak terkait agar membatalkan pemindahan terhadap Agus Kosay, Buchtar Tabuni dan Steven Itlay.

Proses hukum harus dilakukan di Papua dalam hal ini di kota jayapura karena perkaranya terjadi di jayapura.

Selain itu keluarga dan pengacara ada ada di jayapura sehingga persidangan bisa jalan cepat dan mudah dikoordinasikan.

 

Penulis: Ones Suhuniap (JUBIR NASIONAL KNPB).

Editor: Weko/Admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here