LMA Tolak Surat Ijin Jaringan Fiber Optik Di Egeida

0
754

Ilustrasi Lokasi Bangunan Fiber Optik di Egeida : LMA Minta Kami Tidak Terima Surat Ijin Untuk Jaringan Fiber Optik Di Egeida-(Boas/MW)

MAJALAHWEKO, PANIAI – Bupati Paniai Meki Nawipa harus menghentikan dan cabut surat ijin yang telah berikan kepada PT Proyek Jaringan Fiber Optik yang sedang bangun di wilayah hak ulayat orang lain. LMA Ekadide Yanto Degei dan Rakyat Ekadide desak dengan mengatakan harus cabut surat ijinnya.

“Yanto menuturkan, Rakyat akar rumput Pemilik Hak Ulayat mendesak dan menyatakan, Surat Ijin Bupati Paniai yang melakukan operasional kegiatan diatasi Egeida diminta segera tarik kembali, karena ini kami belum tauh kesepakatan serta solusinya,” katanya.

Mohon jangan perkosa tanah Egeida, karena pemilik Hak Ulayat belum lakukan apa-apa dilokasi itu. Oleh itu, ijin Bupati segera tarik Suratnya, ini diatasi tanah keramat yang sulit dibangun Proyek itu.

“Disela itu Yanto tegaskan, Masyarakat meminta tuntutan kepada Bupati Paniai yang tanpa kompromi masuk merusak Egeida, masyarakat Ekadide sudah sepakat akan segera bubarkan Proyek yang sedang dibangun diatas tanah hak Ulayat Kami,” unggasnya kepada Wartawan, Paniai, Senin 23 Sep 2019.

Menurutnya dikatakan, Tanah adat berarti pasti ada pemiliknya sejak adanya leluhur serikat fam Asli Papua bagian barat. Egeida itu surga kecil di bumi yang wajib kita jaga, dan wajib lindungi dari bahaya pemusnahan Flora dan Fauna yang telah ditempatkan-Nya.

Dampak dari proyek tersebut yang tersebar lewat aliran sungai di bawah tanah. Karena airnya akan diminum oleh manusia yang hidup di sepanjang daerah aliran sungai bawah tanah seperti Masyarakat Agadide dan Ekadide itu sendiri.

Namun itu, dia mengatakan. , proyek itu dikerjakan oleh militer Indonesia yang sedang aktif membunuh karakter dan manusia di tanah papua, sehingga Masyarakat Ekadide sudah sepakat untuk menolak program pembangunan Jaringan itu.

“Bupati Paniai (Meki Nawipa) seorang manusia, perlu mengetahui tentang lokasi dari sisi daerah keramatnya, dan tolong mengerti definisi kata Egeida, jangan dengan se-enaknya bangun Jaringan Fiber Optik di Egeida yang berada di wilayah Ekadide,” Jelasnya.

 

Redaksi   |  MW
Penulis    :  Yobo Pogeipai
Editor      :  Boas/MW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here