Konflik Aceh cepat sekali Direspon oleh Pemerintah Pusat, sedangkan Penanganan Konflik di Papua sangat lamban direspon

3
90
Theo Hesegem, Pembela Ham

MAJALAHWEKO, JAYAPURA– Peristiwa Papua yang terus menjadi sorotan hingga kini, turut mengundang tanggapan dari berbagai pihak. Salah satu tanggapan itu datang dari Theo Hesegem, pembela HAM di Pegunungan Tengah, Papua.

Menurut Theo, Pemerintah Indonesia punya pengalaman penyelesaian masalah konflik Aceh dan kesepakatanya dilakukan di Helsengky.

Menurutnya pemerintah dalam menyelesaikan konflik tampak ‘membeda-bedakan’. Ia mencontohkan penyelesaian konflik di Aceh dan Papua dan meminta pemerintah, mengapa terjadi demikian.

“Pemerintah Indonesia harus menjelaskan berbedaan antara Aceh dan Papua. Karena kami ketahui bahwa Aceh dan Papua adalah bagian dari Rebuplik Indonesia.

Baca Juga: Hanya 0,2% Populasi West Papua ambil Bagian dalam PEPERA 1969 dan mereka tidak punya Hak Pilih

Konflik Aceh cepat sekali direspon oleh Pemerintah Pusat, sedangkan penanganan Konflik di Papua sangat lamban direspon,” ungkap Theo, Ketua Jaringan Advokasi Penegakan Hukum dan HAM (JAPH-HAM), Pegunungan Tengah.

Lebih lanjut ia mengatakan, berbagai pihak mendesak Pemerintah Pusat untuk berdialogterkait masalah Papua, tapi masih banyak pertimbangan.

Menurutnya pemerintah pusatsering melakukan dialog dengan berbagai pihak, tanpa agenda yang jelas.

“Melakukan pertemuan biasa dianggap dialog, itu konsep dan pikiran orang (pemerintah)pusat. Pemahaman bodoh saya, yang dimaksud dengan dialog adalah melibatkan kedua belah pihak yang berbeda pendapat, menyepakati bersama agenda dialognya dan apa yang mau didialogkan,” ungkapnya.

Baca Juga: Mata-mata Indonesia Asli Papua harus Bertobat

Ia juga beranggapan kalau selama ini, pemerintah pusat jarang melibatkan orang asli Papua yang berbeda pendapat.

“Pemerintahselalu melibatkan orang-orang dan tokoh-tokoh orang Papua yang punya pandangan  sama dengan pemerintah di Jakarta. Sehingga masalah Papua, tidak dapat diselesaikan dengan tuntas.

Apa  perbedaan Aceh dan Papua? Dimana perbedaannya?  Dan apa yang membedakan Aceh dan Papua?”

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here