Pelebaran Jalan Raya Iyaipugi Di Enarotali Akan Dimulai Tahun ini

0
144

Ilustrasi Saat Sosialisasi: Pelebaran Jalan Raya Iyaipugi Di Enarotali Akan Dimulai Tahun ini-(Boas/MW)

MAJALAHWEKO, PANIAI – Pelebaran Jalan Raya Iyaipugi akan dimulai Tahun Ini. Rencana pelebaran Jalan Raya Iyaipugi, Pasar, Kota Enarotali yang sempat diukur beberapa hari yang lalu bakal dilanjutkan bulan depan di tahun ini. Sosialisasinya telah sepakat antara Kepala Distrik Alfred Yogi dengan Masyarakat pemilik tanah.

Kepala Distrik Alfred Yogi mengatakan, tertundanya rencana pembebasan lahan hanya tergantung kalian, karena anggaran kas daerah sementara masih ada. Jadi pada APBD Tahun Anggaran 2019 ini sudah dialokasikan dan proses pembebasan lahan sudah dapat dilaksanakan setelah ada persetujuan dari kalian.

“Pembayaran tanah dan berupa ganti rugi akan dibayar oleh Pemerintah kepada masing-masing pemilik tanah, jadi setelah bapak ibu menandatangani kesepakatan uangnya hari itu juga langsung akan dibayar,” katanya
saat Sosialisasi Pengadaan Tanah di Kantor Distrik Paniai Timur (Pan-Tim), Selasa, (10/09/2019).

Kepala Distrik Pan-Tim Alfred Yogi, S.Sos menambahkan, setiap warga pemilik tanah nantinya akan bayar kerugian atas nama pribadi sesuai dokumen kepemilikan tanah. Berkaitan dengan harga tanah akan dihitung serta ditentukan oleh tim appraisal.

Tim independen yang mengantongi lisensi resmi dari Kementerian Keuangan dan Badan Pertanahan Nasional akan menghitung nilai jual obyek tanah dan bangunan yang dimiliki warga sekitar pemilik lahan.

“Mulai dari proses sosialisasi, pengukuran sampai pembebasan lahan ini dilakukan secara transparan dan jaminan kepastian oleh Pemda Bahwa dalam pengadaan tanah ini sampai pembayaran saya pastikan tidak ada pungutan yang apapun. Bahkan materai pemerintah yang menanggung,” terangnya.

Rencananya pembebasan jalan sepanjang perkiraan 500 meter ini mulai dari PLN hingga sodetan jalan depan Posdiklantas Polri (Polsek Paniai Timur. Awal eksisting jalan sekitar 6 meter menjadi ROW 8 meter. Maka total kebutuhan lahan kurang lebih 12 meter persegi.

“Setiap hari volume kendaraan yang melintasi Jalan Iyaipugi sangat tidak padat. Tidak sering macet, tapi jalan perlu dilebarkan,” tandasnya.

________________________
Redaksi | MW
Penulis : Yobo Pogeipai
Editor : Boas/MW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here