Nasib Pdt. Geyimin Narigi “Hidup dan Mati”

0
296
Pdt. Geyimin Narigi

MAJALAHWEKO, WAMENA – Keluarga Pdt. GEYEMIN NIRIGI  sedang menunggu kepastian dari Kodam Cendrawasih Papua dan Polda Papua, terkait isu yang dilontarkan di media bahwa Pdt. Nirigi masih sehat.  

Untuk memastikan Pdt. tersebut kalau masih sehat Polda Papua dan Kodam cenrawasih Papua,  segera  mempertemukan keluarga dan Pdt. tersebut.  Sehingga informasi yang selama ini, belum jelas dan simpang siur terkait pdt tersebut  di bunuh dan masih sehat perlu ada penjelasan yang jelas.

Direktur Eksekutif Yayasan Keadilan dan Keutuhan manusia papua ( Pembela Ham Sedunia ) minta kepada panglima dan Kapolda Papua untuk segera dipertemukan pdt. GEYIMIM NIRIGI  dengan keluarganya. Pertemukan kembali dengan keluarga atau anak istrinya itu sangatlah penting untuk memastikan keberadaannya. Sehingga tidak terjadi saling tuding menuding antara satu sama lain.

Menurut saya keluarga sangat merindukan untuk dipertemukan kembali  sesuai pernyataan Pdt. Nataniel Tabuni melalui kepala penerangan Kodam cenrawasih papua, bahwa Pdt tersebut masih sehat. Kalau masih sehat berarti ada di mana ? Tinggal  dengan siapa ? Bisa dipertemukan.

Pernyataan Pdt. Nataniel Tabuni melalui Kapendam bahwa pdt. NIRIGI masih sehat itu sangatlah penting untuk dilarifikasi kembali. Karena kalau menyampaikan masih sehat berarti masih hidup, kalau dipernyataannya dikatakan tidak sehat atau sakit bisa diperkirahkan meninggal dunia. Sekalipun nasip Pdt. NIRIGI belum jelas apakah masih hidup atau sudah di bunuh saat operasi berlangsung di Mapnduma.

Keberadaan pendeta Geyimin, belum kita ketahui hingga sampai sekarang, kita telah melewati 6 bulan sekarang sudah bulan ke 7  sejak peristiwa 2 Desember 2018.  Sampai hari ini berita tentang pendeta masih simpang siur, tetapi kami menyakinkan bahwa Polda dan Kodam mengatakan masih sehat segera menjelaskan keberadaan beliau ada di mana? Karena keluarga pendeta Geyimin Nirigi keluarga  belum mengetahui  dan bertemu Pdt. tersebut ada di mana?

Keluarga sangat mengharapkan, kepada Polda dan Kodam Cenrawasih Papua,  untuk segera dipertemukan. Karena menurut Kapendam, isu terkait dengan  Pdt Nirigi Kapendam dapat menjelaskan bahwa, di buat oleh kelompok OMP untuk menunjukan kepada dunia bahwa Kabupaten Nduga tidak aman.

Pembunuhan Pdt. Geyimin Nirigi adalah berita Hoax, berarti pdt tersebut Kodam menganggap masih hidup. Sehingga keberadaan pdt tersebut  segera di jelaskan oleh Kodam cenrawasih provinsi papua.

Menurut saya  keluarga punya hak untuk mendapat kepastian informasih  dari pihak Polda Papua dan Kodam Cendrawasih Papua. Yang telah mengatakan beliau masih sehat, kalau masih hidup silakan dipertemukan dengan keluarganya, sehingga beritanya tidak menjadi simpang siur di jalan-jalan antara mati dan hidup.

Pada  26 Januari 2019, kami bersama keluarga menuju ke Mapnduma mengecek keberadaan pedeta tersebut,  karena beritanya masih simpang siur ada yang mengatakan pdt tersebut masih sehat dan ada yang mengatakan Pdt tersebut di bunuh oleh TNI, pada saat operasi belangsung,  mengecek kepastian keberadaan Geyimin Nirigi, kami telah datang dari rumah-ke rumah  selama 2 hari sejak tanggal 26-27 Januari 2019. Namun tidak dapat bertemu dengan beliau. Kami juga telah melakukan pertemuan dengan komandan Pamrahwan 751 Raider distrik Mapenduma. Dan menanyakan sekaligus  mengecek kepastian keberadaan pdt tersebut, namun mereka juga belum mengetahui keberadaanya.

Kami juga upayakan mendatangkan dari 12 kem pengungsi sekaligus melakukan  dialog bertatap muka dan bertanya  kepastian keberadaan   Pdt. GEYIMIN NIRIGI namun tidak ada yang dapat mengetahui keberadaannya.

Untuk memastikan keberadaan pdt. tersebut  kami minta dan mengharapkan  kepada Kodam Cenrawasih Papua dan Polda Papua untuk menjelaskan dan memberikan jawaban kepastian kepada keluarga yang sedang menunggu sampai hari ini. Apakah ada di Timika, Kab. Lani jaya, kab. Jayawijaya , atau di Kenyam. Sehingga berita tidak menjadi simpang siur. Oleh karena itu keluarga mengambil kesimpulan bahwa menunggu kepastian dari Polda Papua dan Kodam Cenrawasih Papua, yang dapat menjelaskan keberadaan pendeta tersebut.

Menurut Theo Hesegem direktur Eksekutif Yayasan Keadilan dan Keutuhan Manusia Papua sangat mengharapkan Polda Papua dan Kodam cenrawasih Papua, untuk segera dipertemukan pdt. GEYIMIN NIRIGI dan keluarganya. Karena keluarga dan anak-anaknya sangat mengharapkan dan sedang merindukan untuk dipertemukan, sehingga sampai hari ini keluarga sedang menunggu kepastian.

Bahwa kapan akan dipertemukan. Menurut saya kepercayaan terhadap publik itu sangat penting  sehingga berita tentang pedeta Geyimin Nirigi segera untuk  di klarifikasi dan dipertemukan dengan keluarga untuk memastikan bahwa pdt. Tersebut masih hidup. Karena setiap berita harus dipertanggung  jawabkan juga melalui media. Sehingga memang kalau pendeta masih hidup kodam cendrawasih papua dan Polda papua untuk segera dipertemukan, dan di jelaskan secara buplik juga.

Kita ketahui bahwa Geyimin Nirigi adalah seorang pdt. Statusnya sebagai  masyarakat sipil, sampai hari ini  nasip pendeta tersebut tidak jelas.

 

_______________________________________

Penulis: Theo Hesegem, Pembelah ham 

Editor: Admin/MW.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here