Miras Membawa Kematian bagi Generasi Mudah Papua

2
2899

Oleh Sepi Wanimbo

Miras, Pembunuh Orang Papua

MAJALAHWEKO, (OPINI) – Dulu orang tua kami di sini tidak mengenal namanya Minuman Keras ( Miras ) jenis, Alkohol, Wiski, Wiro, Mbir Bintang dan minuman lokal lainnya. Karena orang tua dulu tidak mengenal sejenis minuman seperti itu, maka kesehatan mereka selalu sehat, dan umurnya? mereka juga sampai 70 – 90 tahun. lalu mereka meninggal/napasnya mereka berhenti memang waktu atau usia mereka sudah pas.

Dan saya mengikuti sejak Indonesia menduduki tanah west papua barang yang orang tua dulunya tidak kenal seperti Minuman Keras ( Miras ) sejenis, Alkohol, Mbir Bintang, Wiro, Wiski dan minuman buatan lokal lainnya? sudah ada di papua.

Barang ini ada di papua pasti punya tujuan atau punya Visi, khusus yaitu, menghilangkan rambut keriting kulit hitam dan yang ke dua adalah mau memiliki kekayaan papua juga menguasai tanah yang di berkati Tuhan ini.

Hal yang lain juga melalui Minuman Keras (Miras) ini banyak orang papua yang korban dalam rumah tangga, korban melalu kecelakaan, seks bebas akhirnya mendapat penyakit yang membahayakan atau menghilangkan nyawa yaitu, HIV & AIDS.

Juga miras ini membawa kehancuran bagi pemuda – pemudi papua. Karena itu kita lihat orang tua kami dulu tidak konsumsi Miras sehingga Kesehatan mereka sehat, dan umurnya mereka juga sampe, 70 – 90an. baru mereka meninggal.

Pertanyaan sederhana, jika kita semua meninggal dunia karena Miras siapa kah yang akan menduduki dan menikmati kekayaan papua yang sangat luar biasa ini?, Lalu, Bagimana sikap pemuda – pemudi papua hari ini?.

Harus kita bersatu dan tolak Miras yang beredar di tanah West Papua berdasarkan, Perdasi/Perdasus Nomor, 13 Tahun 2015 tentang pelarangan atau peredaran Miras di Papua.

Juga tentu kita meninggalkan atau menjaukan diri dari Minuman Keras, (Miras) itu. Dan yang lain, pemuda – pemudi west papua kita harus takut kepada Tuhan Yesus Kristus dan kita percaya Yesus sebagai juru selamat kita. Sebab benar – benar kita tinggalkan Miras, pasti hidupmu berguna bagi banyak orang di seluru dunia.

Saya jakin 100% seketika kita tidak konsumsi Miras, pasti dalam keluarga, dalam persekutuan selalu Damai dan suka cita. Tak hanya itu tetapi pasti juga Kesehatan selalu sehat dan Umurnya juga pasti panjang bisah sampe, 70 – 90an, tahun.

Jangan ingat Miras karena miras itu” Air Kencing Iblis. Jangan ingat Miras tetapi Ingat Tuhanmu. Jangan ingat miras tetapi ingat istriku, orang tuamu dan keluargamu. Karena hidup ini adalah kesempatan Emas untuk kita melayani Dia dan sesama.

Saya tulis artikel, sederhana ini pasti membuat anda yang biasa Miras, ganas, marah, emosi tetapi saya jakin tulisan kecil ini memberikan jalan dan harapan yang pasti untuk esok hari yang lebih baik.

Semoga bermanfaat bagi saudara yang membaca dan merenungkan. Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua.

 

Tiom : 13 Juni 2019
Penulis : Sepi Wanimbo Angginak, M. KP

Editor: Admin/MW.

🔥0

2 KOMENTAR

  1. “KONSUMEN YANG HARUS SADAR.”
    Pasti kita sudah sering mendengar mengenai bahaya alkohol, terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan yang mengakibatkan kita Kehilangan kendali diri sehingga menerima risiko mengalami kecelakaan, melakukan tindakan kekerasan, hingga keracunan alcohol yang merupakan bahaya jangka pendek yang bisa muncul akibat mengonsumsi alkohol.
    Di sisi lain, mengonsumsi minuman beralkohol. Mau sedikit atau banyak mengonsumsi alkohol, tetap saja tidak mengurangi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh zat tersebut.
    Denga demikian yang perlu sadar adalah kita (KONSUMEN). Dengan mempertimbangkan untung ruginya. Apa yang akan memberi saya dampak positif dan apa yang memberikan saya efek negative apabilah setelah saya mengkonsumsim alcohol itu sendiri.
    Janga biarkan budaya orang lain terus membunu, membodohi dan merusak kita. Memang tidak ada salahnya jika kita beradaptasi dengan budaya orang-orang yang telah maju mendahului kita. namun dalam hal apa kita ingin menyesuaikan sehingga hal penyesuaianpun perlu kita cermatinya dengan secaara bijak.
    Jadi, saya kembali tekankan lagi bahwa konsumen yang harus benar-benar sadar. Sadar dan perlu menghitung nilai untung ruginya.
    Misalnya;
    Salah = Benar
    Baik = Tidak Baik
    Bahaya = Tidak Bahaya
    Menuntungkan = Tidak Menguntungkan
    Dan Seterusnya………..
    Diluar sana mereka selalu bilang mengkonsumsi alcohol itu hanya untuk pancing makan, mengahangatkan badan dan untuk istrahat malam seusai kerja yang begitu melelakan. Tetapi sangat jau beda dengan kita orang Papua umumnya dan khususnya untuk daerah masing-masing. Disini saya tak perlu menjelaskannya secara detail apa perbedaan kita dalam hal mengkonsumsi alcohol dengan orang lain (non Papu). Karena hanya denga kalimat sebelumnya kita bisa dapat membandingkannya apa kelebihan mereka dan apa kekurangan kita.
    “STOP!
    Yang selalu bawa asumsi bahwa siapa yang jatu duluan/menyera lebih duluan itu bertanda bahwa dia Tidak mampu/tidak kuat sehingga secara terpaksa harus bertahan dan bergadang malam sampai pagi serta pagi sampai malam. Dulu ada masalah terjadi antara suku dengan suku terja karena mama tetapi sekarang banyak masalah yang lahir antar suku hanya karena MENGKONSUMSI MINUMAN ALKOHOL”. Dengan demikian jangan tahu mara terhadap salesman tetapi kita juga perlu tegur diri kita sendiri karena alcohol tidak dating dipintu rumna-ruma kita dan menawarkannya untuk membeli. Tetapi ingat, kitalah yang mencarinya dikediamannya yang sedang diam diri. Alcohol menyimpan banyak masalah.
    Jadi, alcohol adalah pemicu segalah masalah.
    #keywordnya
    “Sadar dan sadar”
    A.K.B.____DEWA1925
    Opinion
    And What ur opinion on this text?

    • Tulisan sangat Bagus dan Bermanfaat untuk di baca. Mengigatkan kita OAP.

      Tulisan ini akan muat di Media online Majalah Weko (majalahwekonews.com).
      Tuhan Memberkati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here