Kedua Orang Tua saya adalah Orang yang Bermoral, punya Integritas

0
231
Photo: Dr. Socratez S.Yoman  (The President of the Fellowship of Baptist Churches of West Papua)

MAJALAHWEKO, – Memang saya akui jujur dan benar dan kedua orang tua saya adalah buta huruf dan tidak berpendidikan dan tidak tahu membaca dan menulis. Memang benar kedua orang tua saya tinggal di kampung terpencil. Memang benar kedua orang tua berbadan telanjang dan berbusana pakaian kehormatan mereka. Memang benar orang tua saya hidup dalam honai tanpa ventilasi/jendela untuk menerangi mereka. Memang benar kedua orang tua setiap hari konsumsi ubi dan keladai bakar. 

Apakah keadaan ini identik dengan ketertinggalan dan kebodohan?

Jawabannya: TIDAK. Kedua orang tua saya adalah orang yang bermoral, punya integritas dan orang yang mengenal identitas mereka, orang yang punya segala-galanya.

Hari ini keberadaan saya (Dr. Socratez S.Yoman) ialah cermin dari kedua orang tua saya bahwa mereka berdua adalah kedua orang tua yang hebat dan luar biasa.

Mereka tidak berpendidikan dan tidak tahu membaca dan menulis tapi mereka mengukir nilai-nilai kerendahan hati, kasih, kedamaian, kebenaran, kejujuran, ketulusan dan solidaritas dapat mengukirkan dan memeteraikan di hati dan kehidupan saya.

Walaupun saya dilahirkan dalam honai yang gelap di suatu kampung kecil, Yalugari, Tiom, Lanny Jaya, pada 6 Juni 1963 (tahun ijazah 1967), tapi waktu saya hadir di bumi nyata ini.

Mamaku pesan:

Anak, kejujuran dan kebenaran dan kasih menjadi terang hidupmu walau engkau aku melahirkan engkau dalam honai yang gelap ini. Engkau pahlawanku, engkau nafasku, engkau tongkatku, engkau mata hatiku, engkau cahaya hidupku, dari kampung terpencil ini bersinarlah engkau bagi bangsamu. Engkau jangan biarkan bangsamu tertindas.

Bersuaralah, bersuaralah. Berdirilah disisi mereka yang terabaikan dan dianiaya. Doaku dan doa ayahmu menjadi pelita abadi yang membimbing, memelihara dan menerangi jalan hidupmu.

Ambirek Godmendmban Yoman, Selamat Datang dan bertumbuh dalam pelita kasih mamamu dan ayahmu.”

 

Penulis: Gembala Dr. Socratez S.Yoman). Ita Wakhu Purom, 5 Maret 2019.

Editor: Nuken/MW.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here