ASN Lanny Jaya Diminta Menetap di Tiom

0
114
Tampak aktivitas mama- mama saat menjual di pasar Tiom yang sepi pengunjung untuk membeli hasil kebun mereka.

MAJALAHWEKO, JAYAPURA  -Pemerintah- Kabupaten Lanny Jaya diharapkan dapat  meningkatkan pertumbuhan ekonomi pasar bagi pedagang asli mama – mama Papua dengan mengarahkan ASN-nya untuk menetap di Tiom.

Menurut Ketua Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Fredi G Tabuni, kondisi  pedagang di Pasar Lanny Jaya saat ini,  mama – mama   bangun pagi untuk  ke kebun dan  pergi berjualan hasil kebun ke pasar. Sampai di pasar duduk di bawah di terik matahari menjaga jualan dengan penuh harapan jualannya laris, tapi tidak terjual.

“Pasar sepi, pembeli pun tidak datang hingga matahari terbenam, padahal  mereka berharap  jika dagangan terjual dapat pulang dengan membeli kebutuhan rumah tangga seperti minyak, garam, vetsin dan kebutuhan dapur lainnya,” ungkapnya.

Untuk itu, ia meminta agar para ASN dan masyarakat lainnya dapat membeli sayur mama – mama di Pasar. “Anak – anak negeri, dimanakah mata hatimu? Cobalah luangkan waktumu sebentar dan singgah melihat mama-mama kita yang sedang duduk berjualan di pasar Tiom,” katanya.

Untuk itu Fredi meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara di Lanny Jaya  agar dapat menetap di Lanny Jaya dan memberikan pemasukan dengan membeli hasil jualan mama di pasar.

“Saya berpesan kepada semua yang bekerja di lingkungan Pemerintahan Lanny Jaya bahwa tak ada fasilitas umum berupa rumah, air, listrik yang disediakan oleh Pemerintah Daerah, tapi itu bu kan alasan untuk istri anak tidak menetap tinggal di Tiom dan sekitarnya. Tapi sudah cukup ada gaji dan insentif untuk membangun rumah tinggal keluarga mari kita bangun pasar ekonomi mama- mama kita,” ujarnya. (oel/tri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here