Pemandu Wisata di Jayawijaya harus Libatkan Anak Asli Papua

1
285

MAJALAHWEKO, WAMENA –Pemerintah Kabupaten Jayawijaya akan menggunakan anak asli setempat sebagai pemandu wisata. Dalam prosesnya pemkab setempat telah melakukan pelatihan guiding tingkat pemula oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya.

Kegiatan yang disusun selama 3 hari, sejak 22-24 Mei 2019, bertujuan untuk peningkatan kualitas tata kelola destinasi pariwisata dan kapasitas masyarakat pelaku usaha pariwisata di Jayawijaya.

Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Keuangan, I Made Putra menyebutkan pelatihanguide atau pemandu wisata baru pertama kali dilakukan di Wamena.

“Hal ini sangat penting, karena Jayawijaya merupakan daerah wisata di Papua yang sangat diminati wisatawan, baik lokal maupun asing,” jelasnya, Jumat 24 Mei 2019.

Dalam pelatihan ini, hampir seluruh peserta adalah anak asli setempat dan mengetahui obyek dan lokasi wisata. Pemkab Jayawijaya berharap para pemandu wisata ini apat memberikan informasi yang baik kepada wisatawan  asing maupun domestik.

Pemkab Jayawijaya berharap kegiatan yang menggunakan dana DAK non fisik Kementrian Pariwisata dapat berlanjut setiap tahunnya, untuk mendorong perkembangan pariwisata di Jayawijaya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya, Alpius Wetipo mengaku belum memiliki jumlah pasti pemandu wisata di Jayawijaya. Ia berharap dengan kegiatan ini dapat dilakukan pendataan sekaligus.

“Melalui pelatihan ini, pemandu wisata dapat terdaftar dan mudah terpantau, serta meminimalisir kriminalitas,” katanya.

Pelatihan ini pun dipersiapkan untuk pemandu wisata yang akan diturunkan dalam rangka sukseskan PON 2020 di Jayawijaya juga menjadi tuan rumah pada tiga cabang olahraga.

Kegiatan yang diikuti 70 orang akan tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) cabang Wamena yang akan dibekali sertifikat dan tanda pengenal sebagai pemandu wisata yang terdaftar di Dinas Pariwisata Jayawijaya. * (Stefanus Tarsi/kabarpapua.co)

1 KOMENTAR

  1. Hiya, I’m really glad I have found this information. Nowadays bloggers publish only about gossips and internet and this is actually irritating. A good site with exciting content, that is what I need. Thanks for keeping this web-site, I will be visiting it. Do you do newsletters? Can not find it.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here