Pendidikan itu Penting bagi Kaum mudah/i Papua Khususnya di Kabupaten Dogiyai 

0
230

MAJALAHWEKO, (OPINI) – Analisis saya tentang pendidikan Mee Pagoo khususnya dikabupaten Dogiyai sangat ketinggalan sekali dibandingkan dengan Kabupaten lain yang ada di papua.  Pada hari jumat  17/05/2019 sekitar pukul 12:00 salah seorang antara kita memunjulkan pertanyaan bahwa pergembangan pendidikan di Kabupaten Dogiyai menurut kalian bagaimana? 

Lalu abang yang diantara kita dia pernah mengatakan, apa lagi Wilaya Mee Pagoo, khususnya di kabupaten Dogiyai saja sangat rusak dalam hal pendidikannya. Sebenarnya pemerintah setempat harus memperhatikan dengan serius untuk anak-anak atau generasi yang ingin belajar dalam segalah hal.

Namun ada satu hal yang kesalahan  pemerintah khususnya dinas pendidikan ialah:

  1. Kabupaten Dogiyai, banyak jalur pendidikan yg bagaikan milik pribadi.
  2. Jalur pendidikan yang masih kelihatan pun kebanyakan diterima orang non Papua. Pada hal sebelumnya berita kebohongan terpampang di berbagai media, nanti saya lakukan ini dan itu.
  3. Selalu diluar sistem pemerintahan khususnya bidang pendidikan selalu bawa masuk dalam dinas pendidikan maka faktanya akan dikorban adalah generasi.
  4. Dinas pendidikan selalu kasih masuk dalam tes afirmasi, adik, SBMPTM dll itu anak-anak guru, PNS, pejabat, pegawai lebih umumnya orang yang pendapatannya ada. Lebih penting kasih masuk dalam hal itu anak-anak yatim piatu,  janda duda,  miskin dan anak”terantar yang ada di kabupaten Dogiyai.

Selama ini, keempat hal ini dinas pendidikan Kabupaten Dogiyai yg lakukan maka kami generasi penerus Dogiyai berharap mohon tinggalkan keempat hal tersebut. Namun untuk kesalahan generasi penerus Dogiyai saat ini:

  1. Generasi penerus dari Kabupaten Dogiyai kebanyakan orang yang selalu tdk peduli dengan pendidikannya.
  2. Generasi penerus Dogiyai selalu jalan sana-sini tampa tujuan yang jelas, pada hal tempat belajar ada disebelah mata.
  3. Generasip umur sekolah, semua mati pada kawin atau berkeluarga pada hal setelah kawin, segalah keperluan dibebankan kepada kedua orang tuanya lelaki maupun perempuan.
  4. Semua generasi penerus Dogiyai belum sadar dalam seksual. Pada hal banyak generasi yang meninggal dunia hanya karena melalui seksual dapat HIV/AIDS lalu meninggal.

Apa yang terjadi saat ini dalam Kabupaten Dogiyai dalam bidang pendidikan adalah secara ilustrasi besar yang diatas ini dalam kedua oknum. Untuk itu, kedua pihak harus sadar jika Kabupaten Dogiyai hadir demi untuk generasi penerus Dogiyai. Kalau kabupaten hadir demi orang lain berarti tidak papa namun apa yang dilakukan oleh kedua belah pihak harus diteruskan, supaya semua elemen mereka yang menempati demi mengololah sistem pemerintahannya.

Pendidikan sangat penting bagi anda dan saya kawan-kawan maka marilah kawan-kawan bersama-sama belajar dalam segalah hal demi untuk Kabupaten Dogiyai kedepannya. Karena kabupaten Dogiyai bukan kalian berarti siapa lagi namun kalau bukan sekarang kapan lagi.

Oleh: Sember Badaki Bomaibo, Tua Gila Di Makassar.

🔥0

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here