Pemuda harus Mandiri dan Bermanfaat bagi Masyarakat

0
344
Sepi Wanimbo, S.IP.M.KP Ketua Departemen pemuda Baptis Papua (Potret: Nuken/MW).

MAJALAHWEKO, (OPINI) – Saatnya pemuda harus mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat sebagai bagian dari pengapdian daerah, bangsa dan Negara. 

Pemuda merupakan generasih penerus gereja dan Bangsa, dan agen perubahan pembangunan bahkan jika perlu pemuda dapat menjadi pelurus perjuangan bangsa, sehingga kemandirian pemuda dalam segala aspek sangat di perlukan bagi kemajuan di negeri tercinta West Papua ini.

Dan mandiri dalam pengembangan kepemimpinan, kewisausahaan, pendidikan dan penguatan kapasitas tenaga pemuda untuk memajukan dan melakukan perubahan papua ini penuh dengan damai.

Pemuda yang mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat adalah yang memiliki kreaktivitas, berjiwa kepemimpinan, berjiwa berwirausahaan dan  berjiwa pendidikan sehingga menjadi pemuda yang tangguh, cerdas, cakap dan berani menghadapi berbagai tantangan dari luar maupun dari dalam di era globalisasi saat ini.

Karena itu perlu ada pembinaan dan pelatihan yang di lakukan oleh Gereja, Pemerintah misalnya pelatihan kepemimpinan, wirausaha, ini sangat penting karena penguatan kapasitas tenaga pemuda menjadi pengerak utama dalam pembangunan di tanah papua sehingga dapat memiliki pemuda yang punya kualitas, moral dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga serta masyarakat umum.

Perjuangan yang di lakukan pemuda sangat penting karena pemuda adalah tolak ukur pembangunan juga berperang dalam menjukseskan pembanggunan di daerah misalnya dengan memberikan sumbangsi pemikiran – pemikiran yang cerdas, jernih terhadap program yang di lakukan Gereja dan Pemerintah.

Melalui kegiatan – kegiatan seperti pelatihan – pelatihan di harapkan daerah dapat menciptakan generasih muda west papua yang berkualitas, dedikasih, loyalitasnya yang tinggi dan andal untuk mendukung program pembangunan termasuk dapat menyelesaikan berbagai persoalan atau masalah kepemudaan yang datang dari luar masih banyak yang membuat pemuda banyak menganggur atau tidak kerja sama sekali.

Semoga artikel kecil ini menjadi bermanfaat, Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua.

Tiom, 15 Mei 2019

Penulis : Sepi Wanimbo Angginak

Ketua Pemuda Baptis Papua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here