Lukas Enembe, Sang Tokoh Pemecah Mitos

0
284
Lukas Enembe. Sang Tokoh Pemecah Mitos

MAJALAHWEKO, – Sendius Wonda, penulis buku: Lukas Enembe Gubernur Papua: Tokoh Pluralis, Moderat, dan Moderen”, ia menggambarkan dengan cermat, teliti dan lugas siapa sebenarnya Lukas Enembe?

Dalam kata pengantar yang ditulis oleh Dr. Socratez S.Yoman bertajuk: “Lukas Enembe Sang Pemecah Mitos & Penebar Kasih” diberikan inti dari isi buku ini.”

Lukas Enembe dilihat sebagai seorang arsitek yang mampu merancang dan membangun kekuatan politik yang merakyat utuh, solid dan terukur. Ia sebagai sosok yang tak banyak bicara, namun tulus, jujur dan hidupnya dipenuhi dengan pancaran sinar kasih yang bersumber dari Allah. Karena itu, Lukas Enembe lebih dari hanya sekedar seorang politisi.”

Digambarkan dengan terang doa dan harapannya untuk rakyat dan bangsanya. ” Lukas Enembe bergumul, berusaha dengan kasih yang tulus dan jujur, supaya semua orang Papua maju, berkembang, dan mempunyai kehidupan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan kerohanian yang baik.”

“Lukas Enembe dihadirkan Tuhan sebagai anugerah-Nya untuk membagi kasih dengan mendengarkan getaran hati setiap orang yang ditemuinya. Ia seorang pendengar yang baik untuk menjiwai pergumulan setiap sahabat-sahabatnya.”

“Lukas Enembe tidak pernah mencari dukungan politik dengan cara-cara yang tidak memuliakan nama Tuhan. Ia tidak pernah mengharapkan mendapat imbalan dari orang-orang yang dibantunya. Bagi sang tokoh inspirator dan hati polos ini, memberi dan membantu adalah bagian dari penerapan imannya dalam melayani Tuhan Yesus Kristus dan sesamanya.”

“Dalam hidup Lukas Enembe ada keterpaduan iman, pikiran, perasaan, pengalamannya dan dinamika realitas disekitarnya. Ia memiliki kepekaan yang tajam. Ia memiliki hati yang bersahabat dengan siapa saja dan dari mana saja. Lukas Enembe tidak pernah membeda-bedakan orang, agama, pandangan/keyakinan politik, latar belakang, dan status sosial.”

Penulis buku ini dengan tepat mengakui: ” Lukas Enembe, pemikir masa depan dan dengan konsisten melakukan kaderisasi dengan berkesinambungan atau berkelanjutan. Kaderisasi yang dilakukannya secara integratif dalam berbagai bidang. Lukas Enembe seorang manusia unik dan visioner hebat di zaman ini.”

Penulis, pak Sendius Wonda, benar-benar menjiwai roh seorang Lukas Enembe. Seorang tokoh yang memiliki karakter yang mudah dan murah senyum ini seorang pribadi yang selalu ada kerinduan dan kehausan tentang ilmu pengetahuan. Dalam keadaan apapun, Lukas Enembe selalu membaca buku, koran, majalah, atau apa saja yang ditemuinya ia pelajari. Wajarlah, ia menjelma menjadi sosok yang berwawasan luas dalam banyak hal: keunggulan, kepekaan dan kecerdasan.”

Tambahan.

Manusia yang bernama Lukas Enembe ini karena kepolosan, keluguan, ketulusan, kejujuran dan keterbukaannya membuat orang banyak pusing, bingung, bahkan marah, terutama pemerintah Indonesia di pusat dan anggota TNI/Polri kebakaran jenggot/kumis.

Memang, Ko Laki-Laki Unik dan Ap Lani Nagawan dan Wakangger. Waa…Noreluk Takabulok.

(Disadur dari Kata Pengantar Buku karya Sendius Wonda, SH, M.Si berjudul: Lukas Enembe Gubernur Papua: Tokoh Plural, Moderat, dan Moderen, 2014, hal. 5-11).

Editor: Admin/MW.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here