Otsus Identik Cucuran Air Mata dan Tetesan Darah

0
529
Delegasi Dewan Gereja Sedunia (WCC). ketika tiba di Bandara Udara sentani

MAJALAHWEKO, “Saya sudah menjadi wakil bupati, menjadi bupati dan menjadi gubernur Papua. Saya sangat paham/mengerti penderitaan rakyat Papua. Saya sebagai orang Kristen merasa sangat berdosa menjadi gubernur karena tidak ada gunanya untuk rakyat Papua. Karena mau berbicara benar, jujur dan adil untuk rakyat Papua, kami ditekan dan diteror dan diintimidasi. Kami dianggap melawan/musuh negara. 

Saya yakin, apa yang saya sampaikan ini, Anda sudah dengar langsung dari rakyat Papua ketika Anda berjumpa dengan mereka.” (Lukas Enembe, Gubernur Papua, pada 19 Februari 2019 kepada Delegasi Dewan Gereja Sedunia (WCC).

“Kami punya harapan bahwa Otonomi Khusus 21 Tahun 2001 isinya susu dan madu untuk rakyat Papua, tapi kenyataannya otsus itu air mata dan darah dan penderitaan rakyat Papua. Tidak ada keberpihakan, tidak ada perlindungan, tidak ada pemberdayaan bagi rakyat Papua. Rakyat semakin menderita dalam Otsus.” (Dr. Yunus Wonda, Ketua DPRP, pada 19 Februari 2019 kepada Delegasi Dewan Gereja (WCC). 

Delegasi Dewan Gereja Sedunia (WCC). ketika tiba di Bandara Udara sentani

“Para pemimpin seperti Gubernur, Ketua DPRP dan Ketua MRP dan Pemimpin Gereja saja ditekan, diteror dan diintimidasi. Kami tidak bisa membayangkan tekanan, teror dan intimidasi yang dihadapi rakyat Papua. Saya yakin, Anda sudah melihat, mendengar dan belajar langsung dari rakyat dalam kunjungan ini tentang apa yang sebenarnya terjadi dan dihadapi rakyat Papua selama ini.” (Timotius Murip, SH, Ketua MRP kepada Delegasi Dewan Gereja Sedunia (WCC).

Biarkan pernyataan iman tiga pemimpin Kristen di era  ini tetap tertulis &  abadi di hati rakyat  Papua di atas Tanah ini seperti bercahaya seperti matahari, bulan dan bintang-bintang 

Foto: Pemimpin Gereja siap sambut Delegasi Dewan Gereja Sedunia (WCC). di Bandara Udara sentani

Siapapun Anda,  latar belakang Anda & kedudukan Anda, belajarlah nilai ketulusan, kepolosan, kebenaran dan kejujuran dari tiga pemimpin fenomenal, moderen dan moderat yang memiliki kekuatan iman, keberanian moral dan intelektual.

(Disadur oleh Gembala Dr. Socratez S.Yoman, Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis Papua). Ita Wakhu Purom, 20 Februari 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here