Penangkapan 16 orang tanpa Menunjukan Surat Tugas dan Surat Penangkapan

0
733

“Kapolda Papua dan Kapolresta Jayapura Segerah Bebaskan 16 Orang dari Mapolresta Jayapura”

MAJALAHWEKO, JAYAPURA – “Penangkapan 16 Orang Papua dan Pengeledahan Rumah Anjungan Expo tanggal 19 Desember 2018 di Jayapura tidak prosedural (bertentangan dengan KUHAP)”

16 orang masih ditahan di mapolresta jayapura. Untuk diketahui bahwa 16 orang itu diangkut dari 3 tempat dan waktu yang berbeda. 13 orang diangkut dari expo pada pukul 07:00 WIT. 2 Orang diangkut dari perumnas 3 pada pukul 09:00 dan 1 orang diangkut dari perumnas 3 pada pukul 10:00.

Sampai saat ini (04:36 dini hari), kami TIM SOLIDARITAS PENGACARA HAM PAPUA yang mendampingi 16 orang yang ditahan di Mapolresta Jayapura belum mengetahui secara pasti apa alasan hukum 16 orang yang diangkut dari expo, perumnas 3 kloter pertama dan perumnas 3 kloter kedua berada di mapolresta jayapura.

Menurut keterangan yang diperoleh dari klien kami yang diangkut dari expo maupun perumnas 3 kloter pertama katanya saat mereka diangkut, petugas tidak pernah menunjukan satupun surat baik “surat tugas maupun surat penangkapan” sehingga tentunya kami sebagai pendamping hukum bertanya-tanya apa status hukum klien kami.

Terlepas dari status hukum klien kami yang tidak jelas itu, kami juga mendapatkan informasi dari klien kami yang diangkut dari expo. Katanya, mereka diangkut saat masih ada di rumah anjungan jayawijaya (belum aksi). Lebih lanjut mereka katakan bahwa petugas masuk ke dalam ruangan anjungan jayawijaya dan mengambil beberapa barang. pertama, barang-barang perlengkapan aksi. Kedua, beberapa barang diluar perlengkapan aksi seperti pisau, panah, parang, sangkur, kayu dan tulang kasuari.

Setelah dipastikan menurut klien kami, para petugas saat masuk ke anjungan jayawijaya mengledah barang-barang mereka tidak menunjukan surat pengeledahan. Berdasarkan keterangan diatas kami TIM SOLIDARITAS PENGACARA HAM yang mendampingi 16 orang yang ditahan di polresta jayapura menyimpulkan bahwa :

1. Pengangkutan/Penangkapan 16 orang baik di Ekspo, Perumnas 3 Kloter pertama dan perumnas 3 Kloter kedua dilakukan tanpa prosedur hukum yang jelas karena petugas tidak menunjukan surat tugas dan surat penangkapan sebagaimana diatur pada pasal 18 ayat (1) KUHAP;

2. Pengeledahan terhadap anjungan jayawijaya untuk mengambil peralatan aksi serta barang diluar perangkat aksi seperti pisau, panah, parang, sangkur, kayu dan kasuari dilakukan tidak sesuai dengan prosedur sebagaimana diatur pada Pasal 33 ayat (1), (2), (3), (4) dan (5) KUHAP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here