Makna Natal yang Sesungguhnya Bukan karena Banyaknya Korban, tetapi….!!

0
537

Oleh: Sepi Wanimbo

MAJALAHWEKO, – Memasuki bulan Desember menjadi kesan dan perasaan tersendiri bagi banyak orang di dunia bagi umat Kristiani dalam menyambut hari raya Natal. Suasana Natal nampak kental terasa dimana – mana di seluruh belahan dunia termasuk juga di Indonesia, mulai dari ornamen Natal yang banyak di jual, juga dekorasi Natal dibanyak pusat perbelanjaan, tematik Natal banyak di rumah makan dan restorat, juga ibadah – ibadah perayaan Natal dibanyak gereja, semua ini menjadi kesan dan rasa tersendiri bagi kami umat Kristiani di seluruh dunia.

Dari banyak hal yang kita sebutkan diatas, jika ditanyakan kembali tentang apa makna Natal sesunggunya tentu semua hal diatas tadi bukanlah makna sebenarnya, itu semua hanya ornamen, serimonial, dan hanya sebuah tema untuk menarik minat pengujung.

Bagiku Natal bukanlah tentang seberapa kerennya baju baru celana baru yang kita kenakan, korbangkan babi banyak ekor Natal juga bukan kami keluarkan nilai uang yang begitu besar Natal juga bukan kita berpoya – poya Natal juga bukan tentang makanan dan minuman mahal yang disunguhkan diatas meja, Natal juga bukan tentang gegap gempita dan hebohnya sebuah acara perayaan Natal digereja, Natal juga bukan tentang apa yang diluar, tetapi arti Natal kita menerima kelahiran Yesus sebagai juruselamat yang hidup dan kita lahir baru apa yang ada di dalam diri saya dan saudara.

Jika makna dan arti Natal hanya dimaksud dan diartikan oleh  hal – hal  dan perkara diluar tubuh maka akan dapat dipastikan bahwa damai dan sukacitanya akhirnya akan selesai, dan desember berlalu.

Jika perkara luar itu menjadi orientasi sukacita dan damai Natal kita maka dapat dipastikan, kita akan menjadi orang yang paling cepat kehilangan sukacitanya damai Natal itu Natal tak akan membawa dampak dan makna mendalam bagi kita karena orientasi kita hanya pada kulit dan permukaan yang dangkal tentangnya, kita haanya sibuk dengan casing Natal kita diluar.

Makna Natal sesungguhnya jauh lebih dalam dari apa yang semua kita lihat diluar itu, Natal adalah Kelahiran dan Kedatangan Yesus Kebumi Sebagai Juruselamat Umat Manusia.

Kelahiran dan kedatangan Yesus kebumi menjadi tanda keseriusan Tuhan dalam penyelamatan umat manusia, Tuhan tahu bahwa manusia tidak pernah dapat menolong dan menyelamatkan dirinya sendiri, Tuhan tahu bahwa manusia butuh juruselamat, itulah mengapa ia mengirimkan Anak-Nya yang tunggal datang kebumi untuk menyelamatkan manusia yang hilan dari kuasa iblis dan ia sunggu serius mau menolong dan selamatkan kita.

Natal adalah upaya Tuhan menolong anda dan saya, Natal adalah mega proyek Allah yang bernilai 6 milyar lebih jiwa manusia, ia sangat mengasihi anda dan saya, ia sangat serius mau menolong anda dan saya, namun seberapa seriusnya kita meresponi kasih-Nya ini.

Sering kali kita menganggap enteng, remeh, dan sepele atas apa yang telah Tuhan buat bagi kita, kita sering memperlakukan kasih Tuhan kita seperti sebuah sampah yang tak berguna dan bermakna, kita sibuk rayakan Natal sana sini tetapi kita juga masih sibuk dengan dosa – dosa kita, Natal kita takkan pernah membawa damai dan sukacita yang benar didalam hati dan hidup kita sehingga kita jadi pribadi yang hanya nampak happy diluar tapi “ hancur berantakan” didalam, Natal kita tidak pernah benar – benar menyelamatkan kita, karena Yesus tak pernah lahir dihati dan hidup kita.

Kelahiran Yesus harusnya menjadi momentum balik kita kepada rencana awal Tuhan terhadap hidup kita, Natal seharusnya membawa perubahan dan dampak baik dalam hidup kita, Natal seharusnya mampu menyelamatkan hidup kita, karena Yesus lahir sebagai juruselamat kita, jika Natal tak pernah punya makna dan arti bagi kita, itu bukan karena Tuhan tidak mengasihi kita, itu bukan karena Yesus datang bukan untuk kita, tetapi karena kekeran hati kita.

Jika saat ini kita merasa hidup kita tiada guna, tak tahu harus berbuat apa, tak tau harus bagaimana, jika saat ini hidup kita terasa begitu sering Karena ada begitu banyak masalah dalam hidup kita, jika kita merasa bingung, bimbang dan takut karena segala hal yang ada dihadapan, jika saat ini kita berputus asa dan ilan harapan, ingatlah ada Yesus Kristus yang begitu mengasihi kita, ia datang kedunia ini untuk menolong dan menyelamatkan saya dan saudara, jangan keraskan hatimu, datanglah kepada-Nya, jadikanlah ia Tuhan dan juruselamat maka hidupmu pasti jadi berubah jadi baru.

Yesus datang ke bumi bukan hanya untuk saya dan agama saya semata, Yesus Kristus datang untuk semua orang, ia datang bagiku, bagimu dan bagi kita semua, ia sungguh – sungguh mengahisi kita dan mau menolong kita, Natal adalah bukti betapa besarnya kasih-Nya bagi kita semua, kita sungguh berharga dimata-Nya, itulah makna Natal sesungguhnya bagiku, bagimu dan bagi kita semua.

Selamat Menyambut kelahiran Tuhan Yesus tanggal 25 Desember 2018 dan selamat menyambut 01 Januari 2019 Tuhan Yesus memberkati kita semua..waaaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here