KNPB: “Polisi Jangan Manfaatkan Situasi Untuk Kriminalisasikan Kami”

0
1049

MAJALAHWEKONEWS.COM, JAYAPURA– Komite Nasional Papua Barat (KNPB), menilai pihak TNI/Polri berupaya  mengkriminalisasikan pihaknya, dengan memanfaatkan situasi yang tidak seharusnya. Padahal secara organisasi, KNPB mengklaim beda dengan pihak yang selama ini melakukan hal-hal kriminal.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal ( Sekjen) KNPB Ones Suhuniap .

“Polres Kota Jayapura datang ke asrama Rusunawa Uncen unit 1 – 6 dengan maksud penggeledahan kendaraan bermotor yang dicuri. Tetapi kemudian saya mau tangkap di sana, pas mau dibawa, saya tanya mereka punya surat penangkapan atau tidak, karena mereka tidak bisa tunjukkan, akhirnya atas perintah Kapolres, saya dilepas kembali,” ungkapnya, Senin (3/9/2018) di Jayapura.

Berdasarkan informasi yang dia peroleh, dirinya hendak dibawa ke Polda Papua untuk dipertemukan dengan JF ( warga Polandia).

JF sebelumnya tertangkap di Wamena, polisi menduga JF merupakan jurnalis asing yang hendak mewawancarai pihak yang diduga hendak membeli amunisi.

Dia menegaskan, KNPB secara organisasi tidak ada hubungan kerja sama dengan orang Polandia itu. “Tetapi di sekretariat KNPB terbuka untuk masyarakat umum maupun siapa saja yang datang, “ kata Ones.

KNPB selama ini menempati Rusunawa unit 6, tempat banyak mahasiswa senior juga tinggal.

Menurutnya, yang selama ini terjadi adalah, pihak kepolisian sendiri pelihara pelaku. Karena beberapa jam ditahan lalu kembali dikeluarkan lagi. Lalu tuduhannya semua mengarah ke KNPB.

Juru bicara KNPB, Agus Kossay juga meminta polisi untuk tidak memanfaatkan situasi lalu mengiring dan mengkiriminalisasikan KNPB .

Terkait KNPB dan hubungan kerja sama dengan warga Polandia, dia tegaskan lagi hal itu tidak ada. “Kami baru dengar jikalau ada orang luar negeri asal Polandia di tangkap di Wamena. Selama ini secara organisasi maupun individu, kami tidak ada kerja sama,” katanya.(*)

Sumber:

http://www.tabloidjubi.com/artikel-19149-knpb-%E2%80%9Cpolisi-jangan-manfaatkan-situasi-untuk-kriminalisasikan-kami%E2%80%9D.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here