Kegagalan Pemerintah Republik Indonesia Untuk Mengindonesiakan Orang Papua

0
89

8f07c-masih2bbanyak2byang2bharus2bdi2bselesaikan2btabloi-wani

JAYAPURA, MAJALAHWEKO – Pelanggaran HAM di Papua oleh pasukan keamanaan merupakan kegagalan pemerintah Republik Indonesia untuk mengindonesiakan Orang Papua.

Realitasnya bahwa menetapkan agenda prioritas atas hak asasi manusia menjadi hal teramat sulit bagi pemerintah Indonesia. Apalagi perjuangan yang tertata rapi dalam sejarahnya, pemerintahan tidak bertanggunjawab mengisi kemerdekaan. Semuanya dipengaruhi oleh pembatasan hak berekpresi, hak kepemilikan tanah, hak hidup, beragama dan hak-hak asasi lainnya di Papua.

Jikalau demikian kita dapat mengatakan bahwa Indonesia di Papua mengalami krisis perjuangan hak-hak dasar hidup manusia Papua. Aktivitas-aktivitas perjuangan HAM selalu dipolitisir oleh negara akibat perlawanan Ideologi. Tidak mengherankan jika Orang Papua masih hidup dalam penindasan, pemarjinalisasian, diskriminasi serta pembiaran tanpa mengisi semua lini hidup orang papua. Hukuman mati pun dilangsungkan bagi rakyat Papua dari tahun 1969 sampai saat ini.

Kata penegakan hukum tidak ada sama sekali dalam mengurangi impunitas dan penyelesaian pelanggaraan hak asasi manusia di masa lalu terutama kejahatahan berdasarkan Hukum Indonesia dan hukum internasional.

NKRI tidak pernah alpa melakukan pelanggaraan Hak Asasi Manusia di Papua. Ada realitas kongkret bahwa orang Papua dibunuh bagaikan hewan oleh pemerintah Repulik Indonesia, kapan dan di mana saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here